Mengenal Lebih Dekat Zat Berbahaya pada Produk Kosmetik

zat berbahaya pada kosmetik

Untuk tampil cantik sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan produk kosmetik kecantikan. Hal ini wajar saja, tapi bagaiman jika produk kosmetik yang digunakan mengandung bahan berbahaya? Jika kosmetik yang digunakan mengandung zat berbahaya, tentunya akan merubah tampilan Anda bukan lebih cantik tapi sebaliknya. Oleh karena itu, Anda jangan mudah percaya dengan produk yang menawarkan hasil instan. Jika Anda memutuskan untuk membeli kosmetik, sebaiknya Anda harus mengetahui kandungan-kandungan yang terdapat di produk kosmetik. Kandungan yang terdapat di dalam produk kosmetik banyak zat yang dapat membahayakan kulit Anda. Bahaya yang diakibatkan oleh kosmetik tidak hanya membuat alregi pada kulit, tapi dapat menyebabkan kanker. Nah, kali ini Anda akan belajar mengenal lebih dekat zat berbahaya pada produk kosmetik. Berikut ini akan dibahas satu persatu zat yang berbahaya pada produk kosmetik:

Merkurin

Merkurin merupakan zat yang sering digunakan untuk produk kecantikan. Produk kecantikan yang sering menggunakan bahan campuran merkurin adalah pemutih yang berfungsi untuk memutihkan kulit. Produk kecantikan yang menggunakan bahan merkurin ini dapat menggangu kesehatan. Adapun kesehatan yang dapat tergangu dengan menggunakan produk kecantik dari bahan berbahaya seperti merkurin ini adalah alergi, iritasi kulit, kerusakan saraf, perubahan warna kulit, bintik-bintik hitam, dan lain sebagainya. Produk dengan bahan berbahaya seperti merkurin ini sangat dirasakan. Meskipun hasilnya terbukti cepat.

Rhodamin B

Rhodamin B merupakan zat pewarna yang digunakan sebagai pewarna kertas dan tekstil. Banyak juga produk kosmetik yang menggunakan pewarna Rhodamin B. Kosmetik yang menggunakan bahan pewarna ini sudah termasuk kosmetik yang berbahaya. Rhodamin B sangat berbahaya jika terkena kulit, terhirup, dan mengenai mata. Zat yang berbahya dari Rhodamin B dapat berakibat iritasi kulit, saluran pernafasan, iritasi pada mata, kanker hati, dan lain sebagainya. Nah, itulah dampak buruk dengan Anda menggunakan produk kosmetik dengan menggunakan zat Rhodamin B. Oleh karena itu, Anda harus menghindari memilih produk dengan kandunga zat berbahaya seperti itu.

Phthalates

Phthalates merupakan zat yang paling sering digunakan pada produk kecantikan untuk perawatan kulit. Menggunakan produk ini dapat menyerap kulit dengan baik. Menggunakan produk dengan bahan seperti phthalates untuk kecantikan memang akan cepat untuk menikmati hasilnya. Namun, dibalik kecepatan yang dihasilkan dari phthalates ini memiliki dampak yang cukup buruk untuk yang menggunakan. Zat berbahaya yang terdapat di produk kecantikan dengan menggunakan zat phthalates dapat berujung pada penyebab kanker.

Hidrokino

Zat berbahya yang terakhir adalah Hidrokino. Hidrokino merupakan golongan obat keras yang masuk dalam golongan senyawa kimia yang bersifat larutan air. Banyak produk kecantikan yang menggunakan zat berbahaya ini dikarenakan berfungsi untuk menghambat proses pembentukan melanin. Untuk mengurangi warna gelap pada kulit. Dampak produk kosmetik yang menggunakan zat ini adalah iritasi dan kulit terbakar. Pada umunya zat Hidrokino ini digunakan untuk warna rambut, cat, warna kuku, dan bahan bakar minyak. Selain iritasi dan kulit terbakar, zat ini dapat menimbulkan penyakit yang serius. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam mencari dan memilih produk kecantikan.

Setelah Anda mengetahui bahaya-bahaya kandungan yang terdapat di dalam produk kecantikan, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilip produk kecantikan. Cobalah untuk membaca dan meneliti setiap komposisi yang tertera di dalam kemasan. Pastikan bahwa produk kosmetik yang Anda pilih bebasa dari zat berbahaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *